Thursday, October 15, 2009

HUT KUANSING KE-10 (12 Okt 1999-2009)


Tanpa terasa, pada 12 Oktober 2009, Kab.Kuansing telah menginjak usia 10 tahun setelah mekar dari kabupaten induknya Kab.Inhu. negeriyang sarat adat ini sekarang telah berkembang menjadi negeri yang maju dan rakyatnya sejahtera. Tidak dapat dipungkiri, hanya dalam jangka waktu 10 tahun, Kab. Kuansing telah memiliki tata kota dan infrastruktur yang baik, dan masyarakatnya juga bisa digolongkan pada masyarakat yang sejahtera. Baik yang bekerja di bidak pertanian, perkebunan, maupun perkantoran, secara keseluruhan telah maju.
Di bidang pendidikan, Kab.Kuansing, telah menunjukkan tekad baiknya. Dimana Pemda Kuansing telah memiliki keberanian untuk mendirikan sebuah sekolah bagi-bagi siswa-siswi Kuantan Singingi yang berprestasi, dengan memberikan seluruh pelayanan pendidikan yang gratis di Sekolah ini, yaitu SMA PINTAR Kab. Kuansing. Dan untuk mengejar ketertinggalan dalam bidang teknologi, kabupaten Kuantan Singingi juga memberi pelayanan free hotspot area di pusat kota, diperkantoran, serta di beberapa sekolah. Dengan demikian masyarakat kuantan singingi tidak akan buta pendidikan dan tekhnologi.
Selain itu, kita lihat potret Kuantan Singingi dari segi penataan kota dan perkembangan-perkembangan desa tertinggal. Terbukti kuantan singingi telah maju, kita lihat di pusat kota, telah di bangun taman jalur dan disana juga berdiri sebuah air mancur dan pohon-pohon yang merupakan paru-paru kota. Tujuannya adalah agar kota telukkuantan, ibu kota kab.Kuansing terlihat asri dan indah. Dan dipinggir sungai kuantan juga dibuat dan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat menonton pacu jalur setiap setahun sekali di tepian narosa teluk kuantan. Kemudian jika kita iihat di wilayah Sungai Jering dan Sinambek, pembangunan semakin pesat, ruko-ruko telah banyak dibangun, bahkan sebuah mega proyek saat ini sedang berjalan, yaitu Sport Centre. Dan komplek perkantoran pun tertata dengan baik dengan akses jalan yang mudah.
Untuk berkembangnya suatu daerah, atau membuka akses suatu daera dengan daerah lainnya, diperlukan jalan, inilah salah satu faktor yang menyebabkan Kuansing berkembang dengan pesat .karena pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi benar-benar memperhatikan pembangunan jalan raya untuk mempermudah transportasi masyarakatnya.
Di samping itu, kabupaten kuantan singigni juga tidak membiarkan masyarakat pedalaman berada dalam keadaan terisolir, buktinya, pemerintah kabupaten kuantan singingi menunjukkan keprihatinannya pada daerah terisolir serta membuka akses-akses jalan raya. Sehingga setiap kecamatan-kecamatan yang berada di Kab.Kuantan Singingi dapat berakses dengan mudah ke daerah-daerah lainnya.
Dengan berbagai bukti kemajuan-kemajuan yang ada di Kab.Kuansing tidaklah salah jika presidan RI,Bpk SBY ketika 17 agustus 2009 yang lalu memberikan penghargaan SATYA LENCANA kepada H.Sukarmis selaku bupati kuansing, sebagai penghargaan atas pembangunan di kab. Kuansing.
Dalam memeriahkan HUT Kuantan Singingi ke-10 ini, Pemda Kuansing mengadakan acara gerak jalan santai yang dihadiri oleh berbagai badan dan instansi di kabupaten kuantan singingi serta tenaga pendidik dan pelajarnya. Dan pada hari senin,12 Okt 2009, diadakan upacara peringan HUT Kunasing dilapangan limuno kota Telukkuantan. Di dalam upacara ini, Bupati Kuansing, H.Sukarmis menyampaikan tekad kuansing kedepannya untuk dapat lebih maju disegala bidang. Sehingga tema hari jadi kuansing kali ini adalah sempena hari jadi kuansing, untuk meningkatkan pendidikan,kesejahteraankemakmuran,masyarakat yang agamis,memajukan pendidikan,serta tetap melestariakan adat.
Demikan sekilah tentang potret Kuansing sekarang serta gambaran visi dan misinya untuk kedepan. Semoga negeri yang bersemboyan “Bosatu Nogori Maju” ini bisa lebih baik untuk ke depannya dan bisa menjadi daerah yang selalu mengutamakan kepentingan bersama sehingga terwujudnya negeri yang aman, sejahtera dan makmur yang slalu berpegang teguh pada ajaran agama dan adat istiadat..
Maju Negeriku...Maju Kuantan Singingi ku.....